Saturday, March 8, 2014

Cara Membangun Jaringan Bisnis

Katakan sesuatu dengan sungguh-sungguh untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar berniat menjalin hubungan baru. Selain itu fokuslah pada orang-orang tertentu, daipada mencoba mengenal semua orang dan setelah itu Anda tak ingat satu pun dari mereka.

2. Jangan pernah membahas gosip yang belum tentu terbukti kebenarannya

Jika Anda bicara pada orang yang salah, Anda akan dianggap sebagai orang yang sok tahu dan menyebarkan berita bohong.

3. Jalin Hubungan Dengan Jaringan Yang Dapat Menguntungkan Anda

Membangun relasi yang seluas-luasnya merupakan kunci agar bisnis Anda bertumbuh. Anda dituntut untuk memilih relasi bisnis secara selektif . Biasanya banyak relasi yang menjanjikan keuntungan ini itu, namun pada kenyataannya Anda hanya dijadikan sebagai korban. Carilah relasi yang dapat memberikan dampak positif dan pertumbuhan yang signifikan dalam usaha Anda. Misal melalui jaringan tersebut, Anda belajar berbagai macam strategi bisnis yang mereka jalankan. Otomatis dapat memperkaya ilmu Anda dibidang bisnis yang Anda geluti.

4.  Bangun Komunikasi Yang Baik

Salah satu kunci sukses dalam mengembangkan bisnis adalah dengan mmepertahankan atau membangun hubungan komunikasi yang baik dan intens terhadap para jaringan bisnis Anda. Di zaman yang serba canggih ini, para pebisnis profesional tidak lagi memiliki batasan untuk terkoneksi dengan dunia. Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki mitra kerja atau jaringan di luar negeri. Anda hanya tinggal menggunakan teknologi canggih yang dalam hitungan detik sudah dapat membangun komunikasi dengan mereka. Misal dengan menggunakan email, BBM, sosial media atau telepon.

5.  Bekerja Sama dan Saling Membantu

Dalam bisnis berlaku istilah “Simbiosis Mutualisme” yang artinya bahwa kedua belah pihak bisa saling menguntungkan. Menjadi relasi atau rekan kerja perusahaan lain adalah tanggung jawab Anda untuk mau memberikan bantuan sewaktu-waktu bila jaringan Anda mengalami kesulitan dalam usahanya demikian sebaliknya. Jadi berkerja sama yang baiklah dalam berbagai situasi.

6.  HARUS Memiliki Sikap Relawan

Berbisnis bukan berarti Anda harus terus menerus untung dan bersikap bossy dengan tidak mau melakukan suatu hal tanpa imbalan. Namun bila Anda memiliki sikap yang satu ini niscaya banyak relasi bisnis yang akan mempertimbangkan Anda dengan jaminan keuntungan yang lebih baik. Pebisnis sukses mengawali karirnya lewat satu sikap untuk mau merendahkan diri dan tanpa pamrih.

7.  Tetaplah Tekun Dalam Usaha Anda

Tetaplah tekun didalam menjalin relasi yang lebih luas lagi. Jangan batasi diri Anda! Seorang yang melakukan hal besar di dunia akan mendapatkan yang lebih besar lagi. Jadi bila Anda sudah membangun jaringan yang lebih luas dengan pihak lain, Anda harus berkorban misalnya dalam hal waktu. Namun ingatlah bahwa resiko untuk menjadi sukses dalam membangun dan menjalin relasi yang lebih luas adalah meninggalkan kenyamanan diri.
Apakah Anda seorang pebisnis yang sulit menerapkan hal diatas? Jangan takut dan ragu, berani mencoba adalah kunci orang-orang sukses dan investasi masa depan yang lebih baik.

8. Jangan pelit membagi pengetahuan dan pengalaman. 

Jika tak mau repot, buatlah blog dan berbagilah tentang pengalaman dan ilmu yang Anda miliki di sana.

9. Bersikaplah penuh penghargaan terhadap orang lain, siapa pun itu.

 Jangan pernah berlaku buruk pada bawahan atau pun para junior Anda.

10.Selalu Bersikap terbuka

Jika bertemu dengan seseorang dan terkesan dengan performance-nya, tak ada salahnya memberikan pujian padanya.

11. Hindari bersikap terlalu efisien

Bangunlah koneksi secara personal dan tulus. Sesekali tak ada salahnya menyempatkan diri menyapa klien dengan mengirim e-mail pribadi, daripada berkomunikasi di milis. 

No comments:

Post a Comment